• Uncategorized
  • 0

PESAWAT ATTWOOD

         Pada postingan kali ini, saya akan berbagi ilmu Praktikum Fisika Dasar tentang Gerak Lurus Beraturan dan Berubah Beraturan. Cekidot……

     index    Pesawat Attwood merupakan suatu alat yang mempermudah kita untuk mengetahui penerapan GLB dan GLBB. Pada praktikum kali ini kita menentukan kecepatan, percepatan dan momen inersia. Analisis yang digunakan dalam praktikum ini adalah analisis grafik.

KATA KUNCI : kecepatan, percepatan, dan momen inersia.

          Hukum I Newton menyatakan bahwa, jika resultan gaya yang bekerja pada suatu sistem (benda) sama dengan nol, maka sistem dalam keadaan setimbang, artinya benda tersebut akan Bergerak Lurus Beraturan (GLB).

glb

Pada hukum II Newton, disimpulkan bahwa :

  1. Arah percepatan benda sama dengan arah arah resultan gaya yang bekerja pada benda.
  2. Besarnya percepatan sebanding gayanya.
  3. Bila ada gaya yang bekerja pada benda maka benda mengalami percepatan, sebaliknya bila anda mengalami percepatan tentu ada gaya penyebabnya.

Untuk percepatan (a) yang tetap/konstan, maka berlaku persamaan gerak yang disebut sebagai gerak lurus berubah beraturan sebagai berikut:

glbb

Jadi, GLB adalah gerak benda pada lintasan lurus dengan kecepatan tetap tanpa ada percepatan. Contoh nya gerak mobil dengan kecepatan tetap di lintasan yang lurus, kereta api yang melaju di rel dengan kecepatan tetap. GLBB adalah gerak benda pada lintasan lurus dengan percepatan atau perlambatan tetap. Contohnya buah jatuh dari pohon, bersepeda di jalan menurun, dll.

Momen inersia adalah ukuran kelembaman suatu benda untuk berotasi terhadap porosnya. Momen inersia (I) suatu benda terhadap poros tertentu besarnya sebanding dengan massa benda tersebut dan sebanding dengan kuadrat dari jarak benda-benda terhadap poros.

dr-11

Dari percobaan GLB dan GLBB dengan pesawat attwood dapat disimpulkan pada GLB benda menempuh jarak yang sama. Dalam GLB kelajuan dan kecepatan dianggap sama, lintasan lurus menyebabkan jarak dan perpindahan yang ditempuh besarnya sama. Pada GLBB kecepatan benda berubah secara beraturan baik semakin cepat maupun semakin lambat mempengaruhi kecepatan. Massa benda mempengaruhi besar kecilnya Momen Inersia, semakin besar massa maka semakin besar nilai momen Inersia begitu pula sebaliknya.

Hasil jurnal praktikum ini bisa dilihat di bawah ini….

https://drive.google.com/file/d/0BwvJakb01mv7RnZ2SXlXV1d6bTQ/view?usp=sharing

 

Sumber :

Modul Praktikum Fisika Dasar I

http://karimatunnisa19.blogspot.co.id/2014/04/pesawat-atwood-anajayanti-karimatunnisa.html

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *